Prinsip kerja motor diesel 4 langkah
Prinsip kerja motor diesel 4 langkah
*langkah hisap( intake stroke )
Piston bergerak dari titik mati atas (TMA)
Ke Titik mati bawah (TMB).
Intake valve terbuka dan exhaust valve
Tertutup,udara murni masuk ke dalam
Silinder melalui intake valve.
*Langkah kompresi ( compression
stroke)
Udara yang berada di dalam silinder di
mamapatkan oleh piston yang bergerak
dari Titik Mati Bawah ( TMB) ke Titik
Mati Atas ( TMA ), di mana kedua valve
intake dan exhaust tertutup.Selama
langkah ini tekanan naik 30 - 40 kg/cm²
Dan temperatur udara naik 400 - 500
derajat celcius.
*Langkah Kerja ( power stroke).
Katup hisap dan katup buang masih ter
tutup atau intake valve dan exhaust
valve masih dlm keadaan tertutup,
Partikel bahan bakar yang di semprotkan
Oleh nozzle ke ruang bakar akan
bercampur udara yang mempunyai
tekanan dan suhu tinggi,sehingga terjadi
pembakaran,akibat dari pembakaran
tsb, tekanan naik 80-110 kg/cm² dan
temperatur menjadi 600 - 900 derajat
celcius.
*Langkah buang ( exhaust stroke).
Exhaust (katup buang) terbuka,dan arah
piston bergerak dari TMB ke TMA
mendorong gas buang seluruhnya.
Kesimpulan:Empat kali langkah
piston atau dua kali puataran crank
shaft, menghasilkan satu kali
pembakaran.
*langkah hisap( intake stroke )
Piston bergerak dari titik mati atas (TMA)
Ke Titik mati bawah (TMB).
Intake valve terbuka dan exhaust valve
Tertutup,udara murni masuk ke dalam
Silinder melalui intake valve.
*Langkah kompresi ( compression
stroke)
Udara yang berada di dalam silinder di
mamapatkan oleh piston yang bergerak
dari Titik Mati Bawah ( TMB) ke Titik
Mati Atas ( TMA ), di mana kedua valve
intake dan exhaust tertutup.Selama
langkah ini tekanan naik 30 - 40 kg/cm²
Dan temperatur udara naik 400 - 500
derajat celcius.
*Langkah Kerja ( power stroke).
Katup hisap dan katup buang masih ter
tutup atau intake valve dan exhaust
valve masih dlm keadaan tertutup,
Partikel bahan bakar yang di semprotkan
Oleh nozzle ke ruang bakar akan
bercampur udara yang mempunyai
tekanan dan suhu tinggi,sehingga terjadi
pembakaran,akibat dari pembakaran
tsb, tekanan naik 80-110 kg/cm² dan
temperatur menjadi 600 - 900 derajat
celcius.
*Langkah buang ( exhaust stroke).
Exhaust (katup buang) terbuka,dan arah
piston bergerak dari TMB ke TMA
mendorong gas buang seluruhnya.
Kesimpulan:Empat kali langkah
piston atau dua kali puataran crank
shaft, menghasilkan satu kali
pembakaran.
Komentar
Posting Komentar