Prinsip kerja motor diesel 4 langkah

Prinsip kerja motor diesel 4 langkah
  *langkah hisap( intake stroke ) 
    Piston bergerak dari titik mati atas (TMA)
    Ke Titik mati bawah (TMB). 
    Intake valve terbuka dan exhaust valve
    Tertutup,udara murni masuk ke dalam
    Silinder melalui intake valve.
  *Langkah kompresi ( compression 
    stroke) 
    Udara yang berada di dalam silinder di
    mamapatkan oleh piston yang bergerak
    dari Titik Mati Bawah ( TMB) ke Titik
    Mati Atas ( TMA ), di mana kedua valve
    intake dan exhaust tertutup.Selama
    langkah ini tekanan naik 30 - 40 kg/cm²
    Dan temperatur udara  naik 400 - 500
    derajat celcius.
   *Langkah Kerja ( power stroke). 
    Katup hisap dan katup buang masih ter
    tutup atau intake valve dan exhaust
    valve masih dlm keadaan tertutup,
    Partikel bahan bakar yang di semprotkan
    Oleh nozzle ke ruang bakar akan
    bercampur udara yang mempunyai
    tekanan dan suhu tinggi,sehingga terjadi
    pembakaran,akibat dari pembakaran
    tsb, tekanan naik 80-110 kg/cm² dan
    temperatur  menjadi 600 - 900 derajat
    celcius.
    *Langkah buang ( exhaust stroke). 
     Exhaust (katup buang)  terbuka,dan arah
     piston bergerak  dari TMB ke TMA
     mendorong  gas buang seluruhnya.
    Kesimpulan:Empat kali langkah 
        piston atau dua kali puataran crank
        shaft, menghasilkan satu kali
        pembakaran.

Komentar

Postingan Populer